Cara klaim Polis Asuransi Mobil Hilang yg Benar Sesuai Prosedur

Cara klaim Polis Asuransi Mobil Hilang yg Benar Sesuai Prosedur

Cara klaim polis asuransi mobil hilang – semua orang tentu tidak mengharapkan kehilangan barang berharga nya seperti logam mulia, kendaraan bermotor dan lain-lain nya. Sayang nya ragam kehidupan merancang ada saja orang yg mengalami nya terutama di saat bencana alam sedang marak saat ini. Di daerah yg rawan banjir, kehilangan kendaraan bermotor bukanlah suatu hal yg tidak dapat terjadi. Arus banjir yg kuat dapat saja membawa kendaraan bermotor kamu hilang dan lenyap dri tangan kamu. Tidak hanya itu saja, biasanya kendaraan bermotor baik motor dan juga mobil dgn harga yg mahal menjadi incaran para pencuri.  andai tidak memiliki asuransi, tentulah kamu hanya dapat meratapi nasib kamu dan menghitung total kerugian yg ada. Namun andai kamu sudah memiliki asuransi kamu dapat membawa dokumen yg kamu butuhkan agar mengajukan klaim.

agar  jenis polis TLO dan juga All Risk kendaraan bermotor yg hilang mau diganti oleh perusahaan asuransi. Meski begitu, sebagai komsumen kamu wajib mengikuti kebijakan dan peraturan yg diberlakukan oleh perusahaan asuransi. baca cara klaim polis asuransi mobil hilang berikut ini :

Laporan ke Pihak Asuransi

Laporan ke Pihak Asuransi

Laporan ke Pihak Asuransi

 

tahapan pertama adalah kamu wajib langsung merancang laporan ke pihak asuransi. yg wajib kamu perhatikan di sini adalah kamu wajib melapor ke perusahaan asuransi maksimal selama 72 jam.  Pihak Asuransi mau mlakukan wawancara agar kamu mengapa mobil kamu dapat hilang dan lain sebagai nya. kamu juga wajib meyakinkan pihak asuransi andai kejadian tsb murni bukan sebab kamu namun sebab kriminal. Sehingga kamu pantas agar mendapatkan klaim dan mendapatkan hak kamu. andai memang sebab kriminal pihak asuransi mau menyuruh kamu mengurus di kepolisian.

merancang Berita Acara

Setelah itu yg wajib kamu lakukan adalah kamu wajib merancang berita acara di kepolisian. Cara merancang berita acara tsb adalah dgn melaporkan kehilangan kamu ke pihak polisi / pihak yg berwajib. kamu wajib segera merancang laporan ke kepolisian sebab berita acara tsb waktu nya wajib 1 x 24 jam tidak sama dgn berita orang hilang yg 2 x 24 jam. Setelah merancang laporan pihak kepolisian mau disantunkan surat tanda kehilangan lalu mlakukan tindakan berupa pemblokiran dokumen milik dri kendaraan tsb.

Surat kehilangan tsb baru mau dikeluarkan oleh kepolisian andai ada dua orang saksi yg sudah diperiksa oleh pihak kepolisian, pihak kepolisian juga mau merancang laporan kemajuan / lapju agar merespons laporan yg telah kamu berikan.

Mendapatkan Surat Pemblokiran

Cara klaim polis asuransi mobil hilang selanjut nya kamu wajib mendapatkan surat pemblokiran dri Ditlantas di Polda setempat. Polda mau meminta pemilik mobil agar dapat mengajukan surat permohonan klaim agar pihak asuransi. agar melengkapi surat permohonan tsb polisi mau disantunkan komsumen surat laporan polisi, BAP, Lapju, KTP pemilik kendaraan bermotor, BPKB dan juga STNK.

Mengurus Surat dri Direktorat Reserse

Pemilik kendaraan juga wajib meminta surat dri Kepala Direktorat / Kadit Reserse. Berikut ini adalah cara meminta surat Direktorat reserse yg wajib kamu ketahui:

  • Mengisi formulir surat permohonan dri Reserse. Saat mengisi surat permohonan tsb nama pemohon wajib diisi dgn nama yg sudah tertanggung di dalam polis asuransi.
  • Melampirkan fotokopi KTP.
  • Melampirkan fotokopi BPKB.
  • Melampirkan fotokopi faktur dri pembelian kendaraan bermotor tsb.
  • Fotokopi polis asuransi.
  • Melampirkan fotokopi tanda laporan yg bermula dri kepolisian.
  • Melampirkan surat pengantar asli dri pihak asuransi.
  • Melampirkan fotokopi Tempat Kejadian Perkara / TKP.
  • Melampirkan surat asli daftar pencarian barang / DPD.
  • Melampirkan laporan kemajuan / lapju yg asli.

Melengkapi Lampiran

komsumen yg mengajukan klaim agar pihak asuransi wajib mengisi formulir dan melengkapi lampiran yg disediakan oleh pihak asuransi. Lampiran tsb sebaik nya di isi dgn sebenar-benar nya dan juga detail. Berikut ini adalah lampiran yg wajib kamu lengkapi ketika mau mengajukan klaim :

  • Mengisi formulir klaim.
  • Melampirkan fotokopi polis dri asuransi kendaraan.
  • Melampirkan SIM dan juga STNK.
  • Melampirkan surat kehilangan asli yg kamu dapatkan dri kepolisian.
  • andai diperlukan, kamu wajib melampirkan Berita Acara Pemeriksaan / BAP.
  • Menyerahkan BPKB, faktur dan juga STNK yg asli.
  • Melampirkan kuitansi yg sudah dilengkapi dgn materai. Jumlah kuitansi yg wajib kamu lampirkan sebanyak 3 buah.
  • disantunkan kunci kontak kendaraan bermotor kamu sebanyak dua buah.
  • Melampirkan Surat Keterangan Ketua Direktorat yg disantunkan oleh Serse Polda.
  • Melampirkan surat tanda pemblokiran STNK kamu yg bermula dri Polda.
  • Melampirkan Subrogasi.

andai pengajuan klaim kamu diterima dan dinyatakan klaim nya tidak bermasalah jadi perusahaan asuransi mau disantunkan waktu 30 hari oleh pihak kepolisian agar  membayar ganti rugi terhadap komsumen. andai asuransi berkelit jadi pihak asuransi dapat dikenai sanksi. Memang asuransi sudah memiliki kewajiban agar mlakukan ganti rugi terhadap apa yg terjadi agar komsumen. Hal itu sesuai dgn peraturan pemerintah Nomor 73 tahun 1992 pasal 23. Dalam keputusan Menteri ekonomi nomor 225 Tahun 1993 pun juga telah tercantum keputusan bahwa pihak asuransi wajib membayar klaim dalam waktu 30 hari agar komsumen.

klaim Ditolak

proses klaim asuransi mobil hilang

proses klaim asuransi mobil hilang

klaim yg kamu ajukan dapat saja ditolak, meski begitu sebagai komsumen kamu wajib memperjuangkan hak kamu dgn semangat. kamu wajib meninjau kembali apakah tata cara klaim polis asuransi mobil hilang kamu sudah benar dan sesuai dgn prosedur. Ada banyak hal yg dapat menyebabkan klaim komsumen ditolak. Berikut ini ada banyak alasan yg menyebabkan klaim kamu menjadi ditolak:

Tidak Tertib Bayar Premi

Sebagai komsumen sebaik nya kamu wajib rajin dalam membayar premi. andai kamu terlambat dalam membayar premi mau banyak hal negatif yg dapat terjadi agar kamu. diantaranya nya adalah pengajuan klaim yg ditolak dan tidak disetujui.
Kesalahan dalam Mengisi Formulir

Pastikan dgn benar ketika kamu mengisi formulir asuransi. Jangan sampai kamu salah dalam mengisi identitas kendaraan kamu dan juga salah dalam mengisi identitas kepemilikan kendaraan dan juga memegang polis asuransi.

Rekayasa

Asuransi itu bersifat benefit bukan profit, andai kamu pura-pura menghilangkan kendaraan kamu agar kamu mendapatkan untung hal tsb mau dapat terlihat oleh pihak asuransi.

Kerugian tidak Terjamin dalam Polis

 

andai mobil kamu hilang sebab banjir, kamu yg menentukan asuransi dgn perluasan asuransi banjir dapat mengurus klaim kamu. Saat membayar premi, premi murni kamu mau ditambah dgn premi perluasan. Namun andai kamu tidak menentukan asuransi jaminan perluasan ini dan penyebab hilang nya mobil / kendaraan kamu dikarenakan bencana banjir, tsunami dan lain-lain jadi klaim kamu dapat ditolak.

Demikianlah cara klaim polis asuransi mobil hilang, semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu.